Jokowi Terkait Isu Melanggar UU Penanggulangan Bencana.

Jokowi Terkait Isu Melanggar UU Penanggulangan Bencana.
Gambar oleh Adrian Malec dari Pixabay

SuaraKata – Beredar isu yang menyebutkan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) melanggar UU Penanggulangan Bencana terkait dengan terjadinya banjir di Kalimantan Selatan.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko memberikan tanggapannya.

Moeldoko membenarkan tentang adanya isu bahwa Presiden Jokowi melanggar UU Penanggulangan Bencana.

Dalam isu itu, menggambarkan bahwa Presiden Jokowi tidak mengawasi kegiatan ekspliotasi alam yang dapat menyebabkan bencana.

“Ya memang ada isu Presiden melanggar UU 24 tahun 2007 tentang Penanggulangan bencana, karena di situ seolah-olah Presiden tidak mengawasi dan mengevaluasi tindakan eksploitasi alam yang mengakibatkan bencana,” kata Moeldoko dalam konferensi pers di Jakarta, pada Rabu, 20 Januari 2021.

Moeldoko menegaskan, bahwa pemerintah memiliki pemahaman mengenai kondisi geografis Indonesia yang berada di lingkar cincin api pasifik.

Menurutnya, pemerintah selama ini sudah mengantisipasi dan memitigasi dengan sebaik-baiknya terkait potensi terjadinya bencana.

“Untuk itulah pemerintah sudah membentuk Perpres 87 tahun 2020 tentang rencana induk penanggulangan bencana tahun 2020 sampai dengan 2044,” lanjutnya sebagaimana dilansir dari ANTARA.

Perlu diketahui, dalam Perpres 87 tahun 2020 tentang rencana induk penanggulangan bencana tahun 2020 sampai dengan 2044, terkandung isi sebagai berikut:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *